Perhatikan 6 Hal Ini, Baru Beli Asuransi!

#universalbag (2)

Asuransi untuk keluarga muda biasanya menjadi salah satu kebutuhan untuk diprioritaskan, tapi sayangnya karena minimnya ‘arahan’ untuk asuransi yang benar, banyak loh orang yang salah membeli asuransi.

Artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui hal-hal dasar apa yang harus diketahui sebelum memutuskan membeli asuransi, untuk menghindari kesalahan dalam pembelian asuransi, tidak maksimal atau bahkan menimbulkan kerugian.

1.  Ketahui Jenis Asuransi

Sebenarnya hanya ada 2 jenis asuransi untuk melindungi diri kita sebagai pribadi, yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan (asuransi mobil dan kebakaran termaksud dalam asuransi umum, jadi melindungi barang bukan personal diri kita sendiri).

Asuransi jiwa adalah asuransi yang akan melindungi secara finansial jika sang tertanggung meninggal dunia, contohnya nih anda adalah keluarga yang memiliki 2 anak. Suami bekerja dan istri sebagai Ibu RT (Ibu Rumah Tangga loh yah, bukan istrinya pak RT), nah sang suami perlu nih untuk dilindungi oleh asuransi jiwa, kenapa? Karena jika suami meninggal, maka istri dan anak akan kehilangan sumber kehidupannya, uang pertanggungan dari asuransi jiwalah yang akan menggantikan pendapatan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

Sedangkan, asuransi kesehatan adalah asuransi yang akan melindungi anda secara finansial dari kemungkinan mengeluarkan biaya akibat terganggunya kesehatan. Contohnya harus dirawat di Rumah Sakit, tentunya membutuhkan biaya yang besar dong, sementara seringnya kita belum siap untuk mengeluarkan biaya, jangan sampai karena tidak punya asuransi kesehatan kita berhutang untuk biaya Rumah Sakit.

2.  Pilihlah Asuransi Murni

Apa sih asuransi murni? Asuransi murni adalah asuransi yang 100% untuk proteksi, tanpa investasi. Sesuai fungsinya asuransi adalah produk yang dipakai untuk melindungi bukan untuk investasi.

Jika mau berinvestasi pilihlah produk investasi.

Jangan takut kehilangan premi yang dibayarkan jika anda membeli asuransi murni proteksi, karena kalaupun anda membeli asuransi yang bundling dengan investasi, bagian premi yang dibayarkan sebagai proteksi akan hilang jika anda tidak meninggal atau sakit.

Kabar bahagianya nih, anda hanya perlu membayar premi yang murah, ya jauh lebih murah dibandingkan jika anda membeli asuransi+investasi.

Catatannya, tidak semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi murni yah, jadi harus rajin-rajin window shooping dulu nih untuk membeli asuransi yang full proteksi dan preminya terjangkau.

3.  Beli Asuransi Sesuai Kebutuhan

Kapan anda membutuhkan asuransi jiwa? Jika anda memiliki keluarga yang menjadi tanggungan anda secara finansial, dan usianya belum memasuki usia mandiri secara finansial (belum dapat bekerja menghidupi diri sendiri).

Kapan anda membutuhkan asuransi kesehatan? Setiap orang pada dasarnya membutuhkan asuransi kesehatan, namun jika anda dan keluarga sudah di lindungi oleh asuransi kesehatan kantor, rasanya sih tidak perlu lagi ya membeli asuransi diluar itu, kecuali hanya anda saja yang dicover kantor sedangkan anggota keluarga inti lainnya tidak, atau anda tidak puas dengan jumlah coverage yang diberikan.

4.  Berapa Besarnya Uang Pertanggungan Asuransi Saya?

Untuk asuransi jiwa, patokannya adalah usia anak anda yang paling muda dan jumlah aset bersih anda.

Semakin usia anak anda besar maka semakin kecil proteksi yang dibutuhkan, dan semakin kaya anda semakin anda tidak membutuhkan asuransi.

5.  Perusahaan asuransi mana yang terbaik?

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki jaringan luas, memiliki track record yang baik, dan memiliki produk asuransi murni.

6.  Pahami Polis Anda

Sebenarnya pembahasan mengenai polis asuransi ini agak panjang, dan detail, tapi anda bisa mulai mempelajari dari ringkasan polis sbb :

  • Nama pemegang polis adalah nama si pembayar premi
  • Nama tertanggung adalah orang yang ditanggung pada polis. Contoh dalam asuransi jiwa, tertanggung adalah ayah, atau ibu yang mencari nafkah. Jika tertanggung meninggal maka uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris/ termaslahat. Pada asuransi kesehatan tertanggung bisa ayah, ibu, dan anak.
  • Termaslahat adalah ahli waris atau orang yang menerima santunan asuransi jiwa.

Jangan sampai salah membuat polis, karena polis asuransi bisa dinyatakan “tidak tepat guna” karena kesalahan penempatan hal-hal tersebut.

***

Dengan mempelajari hal-hal dasar yang menjadi pertimbangan dalam pembelian polis asuransi, maka ini akan dapat meminimalisir kemungkinan polis asuransi anda salah, tidak efektif atau bahkan menimbulkan kerugian.

Artikel selanjutnya, saya masih akan membahas seputar asuransi ini dengan lebih detail, karena banyak sekali kesalahan yang dibuat dalam keputusan membeli asuransi.

Selamat window shooping untuk memilih asuransi ya…

Plus, kamu juga bisa lho beli paket analisa asuransi dari #loloxgogoshop! Kalau kamu beli paket ini, financial advisor dari Integrita’ akan menganalisa seluruh polis asuransi yang kamu punya saat ini dan kamu bisa mendapatkan rekomendasi mengenai jenis asuransi yang tepat untuk kamu.  Cek disini yah!

Love,

Ghita

griffin-jennifer-5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s